https://kaltim.times.co.id/
Berita

Jaga Harmonisnya Paguyuban di Kota Bontang, Basri Rase Dapat Simbol Kehormatan Minang

Kamis, 19 September 2024 - 12:55
Jaga Harmonisnya Paguyuban di Kota Bontang, Basri Rase Dapat Simbol Kehormatan Minang Wali Kota Bontang Basri Rase menerima Deta Dan Pin sebagai simbol kehormatan adat Minang. (Foto: Prokopim Bontang for TIMES Indonesia)

TIMES KALTIM, BONTANG – Wali Kota Bontang Basri Rase menerima pin dan topi adat Deta sebagai simbol kehormatan adat Minang. Pemberian keduanya diserahkan oleh KPH H Sutan Muhammad Yusuf Tuanku Mudo Rajo Disambah Adityadiningrat di Kafe Anroys Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu, (18/8/2024).

Pemberian simbol kehormatan itu disertai pula dengan kehadiran Ikatan Masyarakat Minang (IKM) Bontang yang melakukan misi budaya ke Sumatera Barat, salah satunya ke Kota Padang. 

Kehadiran IKM Bontang dalam misi budaya tak lepas dari dukungan Pemerintah Kota Bontang yang mengakomodir pelestarian budaya lokal Bontang dan Minang agar bisa tampil dalam perhelatan  budaya bertajuk Festival Rang Solok Baralek Gadang (RSBG) tahun 2024 yang akan digelar mulai 19-21 September di Kota Solok, Sumatera Barat.

Wali Kota Bontang Basri Rase menyampaikan ucapan terima kasih kepada tuanku mudo rajo atas pemberian simbol kehormatan. Basri mengatakan kehadirannya ke sini merupakan kedekatannya dengan warga minang di Kota Bontang.

“Kami di Bontang saling mendukung. Alhamdulillah, saya selalu hadir dimana kegiatan dilakukan warga IKM, kedekatan kami tidak bisa diragukan lagi,” ujarnya.

Basri menyampaikan upayanya dalam melestarikan kebudayaan dan adat istiadat, dalam hal ini Kutai menjadi perhatian, dirinya terus mendorong agar pembangunan replika istana kerajaan Kutai segera selesai.

“Inspirasinya dari Istana Pargaruyung di sini yang kami dapat aslinya di Belanda. Konsepnya sama seperti Istana Pagaruyung,” ungkapnya.

Sementara, KPH H Sutan Muhammad Yusuf Tuanku Mudo Rajo Disambah Adityadiningrat mengatakan, perhatian dan dukungan kepada masyarakat Minang di rantau merupakan cara pemerintah melakukan upaya harmonisasi keragaman.

Ia mengatakan apresiasi ini layak diberikan kepada Wali Kota Bontang Basri Rase.

“Saya titipkan sanak-sanak kami di Bontang kepada Pak Wali Basri Rase untuk dibina dan membangun hubungan harmonis dalam bermasyarakat satu keluarga di Kota Bontang,” pinta Tuanku Mudo Rajo.

“Kalau putih kapas tak bisa dielakkan, tapi putih hati bentuknya tindakan,” lanjutnya memuji Basri Basre.

Sementara, Ketua IKM Bontang Afrizal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Bontang Basri Rase yang sudah memberikan perhatian besar kepada paguyuban di Kota Bontang.

“Kami hadir bersama masyarakat minang di Bontang ke sini bentuk kedekatan beliau dan kami seperti satu keluarga Minang, walau beliau bukan orang Minang, semoga bapak selalu diberi kesehatan,” ucap Afrizal.

Wali Kota Bontang Basri Rase dipastikan akan mengikuti Karnaval Budaya dan pembukaan kegiatan Festival Rang Solok Baralek Gadang (RSBG) tahun 2024. Tim kesenian IKM Bontang akan tampil dengan tarian khas dayak dalam event tahunan di solok  yang digagas sebagai rasa syukur atas panen padi. (*)

Pewarta : Kusnadi
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kaltim just now

Welcome to TIMES Kaltim

TIMES Kaltim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.