Berita

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Berbagi Pengalaman Donor Plasma Konvalesen

Kamis, 21 Januari 2021 - 15:19
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Berbagi Pengalaman Donor Plasma Konvalesen Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Press Briefing terkait Program 3T, Gerakan Donor Plasma, UMKM Digital, serta Bantuan dan Solidaritas Bencana. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).

TIMES KALTIM, JAKARTAMenko Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan pengalaman saat dirinya melakukan donor plasma konvalesen yang telah dijalaninya.

"Pertama, tentu donor plasma konvalesen itu hanya bisa diberikan oleh yang pernah terjangkit Covid-19. Nah tentu donor plasma ini sangat diperlukan karena kita yang sudah sembuh itu ada 764.708 orang," kata Airlangga.

Airlangga menjelaskan hal itu dalam Press Briefing terkait Program 3T, Gerakan Donor Plasma, UMKM Digital, serta Bantuan dan Solidaritas Bencana yang digelar secara virtual, Kamis (21/1/2021).

Selain itu, Airlangga juga menjelaskan bahwa kapasitas yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI) hanya 1.000 per orang, dan ada antrean 80 orang untuk mendapatkan satu donor plasma.

Sehingga, menurut dia, sangat penting gerakan plasma konvalesen terus didorong. Sebab, Ketua Umum Partai Golkar ini menilai jika 10 persen dari pendonor tersebut akan berjumlah 76.000 donor plasma.

"Itu bisa menyelamatkan jiwa manusia karena berdasarkan penelitian yang dilaporkan oleh menteri PMK, itu mereka yang OTG dan mereka yang sedang, tingkat kesembuhannya bisa mencapai 100 persen, sedangkan mereka yang berat bisa mencapai 85 persen," tuturnya.

"Ini merupakan salah satu kunci untuk menurunkan tingkat kematian. Dan mereka yang bisa mendonorkan hanya mereka yang sehat, dan sebagian itu adalah donor pria. Donor wanita yang pernah melahirkan itu tidak bisa," imbuh Airlangga.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto pada Senin (18/1/2021) mendonasikan plasma konvalesen di Jakarta. Plasma konvalesen umumnya diambil dari orang yang pernah menderita atau penyintas Covid-19 sebagai donor. 

Publik pun bertanya-tanya soal kemungkinan Airlangga pernah terpapar Covid-19. Namun, ia belum pernah mengumumkan secara langsung bahwa dirinya sempat terpapar Covid-19 hingga sekarang.

Publik hanya mengetahui, bahwa Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pernah melakukan donor plasma konvalesen untuk membantu para pasien Covid-19 di Tanah Air. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kaltim just now

Welcome to TIMES Kaltim

TIMES Kaltim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.