https://kaltim.times.co.id/
Berita

Tiba di Makkah, Jemaah Haji Indonesia Disambut Hangat dan Smart Card

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:53
Tiba di Makkah, Jemaah Haji Indonesia Disambut Hangat dan Smart Card Jemaah Haji Indonesia tiba di Makkah. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)

TIMES KALTIM, MADINAH – Suasana haru dan penuh syukur menyelimuti para jemaah haji Indonesia dari Kelompok Terbang (kloter) pertama Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG-01) ketika mereka akhirnya tiba di Makkah.

Dengan total 392 jemaah yang mengunakan 10 bus, mereka merasakan kehangatan sambutan yang luar biasa di Hotel Al Ghadeer, Syisyah, Makkah pada hari Senin (20/5/2024).

Dengan penuh rasa hormat, para jemaah memulai perjalanan ibadah Umrah di Makkah Al Mukarramah setelah mengenakan kain ihram dan mengambil Miqat di masjid Bir Ali.

Tiba sekitar pukul 12.30 Waktu Arab Saudi (WAS), kedatangan mereka disambut dengan penuh suka cita. Setiap jemaah diberi bunga, minuman segar, jus, camilan, kue, dan bahkan suvenir berupa parfum sebagai tanda selamat datang.

Entam Rustamah, salah satu jemaah dari kloter JKG-01, menyatakan kebahagiaan dan terimakasihnya atas sambutan hangat yang diterima dari Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

"Dengan penuh rasa syukur kami tiba di Makkah menjelang tengah hari tadi. Kami diberkati dengan keramahan dan pelayanan yang luar biasa, mulai dari turun dari bus hingga di Makkah semua orang begitu terharu dan begitu baik. Saya bersyukur dan berdoa semoga ibadah haji saya menjadi mabrur di sisi Allah," ujar Entam sambil menyeka air mata.

Selain sambutan hangat, para jemaah juga diberikan Smart Card yang diperuntukkan untuk memberikan akses informasi yang berkaitan dengan haji, termasuk sebagai akses ke Arafah.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah, Khalilurrahman, menekankan bahwa seluruh fasilitas telah dipersiapkan dengan baik untuk kenyamanan jemaah selama beribadah di Makkah. Hal ini mencakup pemberian smart card yang menjadi penanda penting bagi jemaah.

Setelah istirahat minimal empat jam, para jemaah akan melakukan ibadah umrah di Masjidil Haram. Kloter JKG-01 memulai perjalanan mereka dari Madinah pada 12 Mei 2024 dan telah menempuh perjalanan dengan penuh keikhlasan.(*) 

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kaltim just now

Welcome to TIMES Kaltim

TIMES Kaltim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.