Berita

Kasum TNI Perkuat Agen Penanggulangan Covid-19 di Desa

Selasa, 02 Maret 2021 - 17:43
Kasum TNI Perkuat Agen Penanggulangan Covid-19 di Desa Kasum TNI, Letjen TNI Ganip Warsito menegaskan Babinsa, Babinpotmar dan Babinpotdirga merupakan ujung tombak TNI. (Foto: Puspen TNI)

TIMES KALTIM, JAKARTA – Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M menegaskan Badan Pembina Desa (Babinsa), Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) TNI AL dan Bintara Pembina Potensi Dirgantara (Babinpotdirga) TNI AU yang merupakan ujung tombak TNI di tengah masyarakat dapat menjadi agen pencegahan, pendeteksian dan penanggulangan terhadap Covid-19 di desa dan lingkungannya.

Hal ini disampaikan Kasum TNI, usai vaksinasi Covid-19 di Jawa Tengah, yang diikuti oleh 1.690 personil TNI se Jawa Tengah. Kasum TNI menyebutkan bahwa  vaksinasi prajurit TNI bagi Babinsa, Babinpotdirga dan Babinpotmar ditugasi melakukan tracing penyebaran Covid-19 di lingkungan tugasnya. merupakan bagian dari  agen pencegahan, pendeteksian dan penanggulangan terhadap Covid-19 di desa dan lingkungannya.

Kasum TNI 2

"Ini dilakukan agar target untuk herd immunity atau kekebalan kelompok dapat terealisir di lingkungan TNI,” tegas Ganip didampingi Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S, MARS, M.H. dan Pangdam IV Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si saat berlangsung ” Serbu Vaksin” di Depo Pemeliharaan (Depohar) 50 Pangkalan Udara (Lanud) Adi Soemarmo, Solo, Selasa (2/3/2021).

Letjen TNI Ganip Warsito menambahkan setelah divaksin, para prajurit selain bertugas sebagai penegak disiplin protokol kesehatan. Sebelum diterjunkan para Babinsa, Babinpotmar dan Babinpotdirga diberi pelatihan menjadi tracer Covid-19.

"Para prajurit TNI tersebut juga dapat membantu pemerintah untuk melaksanakan tracing Covid-19 di tengah masyarakat," tambahnya.

Kasum TNI 3

Kasum TNI juga menyebutkan bahwa sebagai salah satu garda terdepan penanganan pandemi Corona, TNI mendukung penuh program vaksinasi pemerintah. 

“Secara bertahap prajurit TNI tersebar di seluruh Indonesia sekitar 490 ribu bakal di vaksin, istilahnya di TNI yaitu Serbu Vaksin, kuasai pihak musuh yakni Covid-19,” tegasnya.

Kasum TNI 4

Kasum TNI, Letjen TNI Ganip Warsito, juga menyinggung harapan Presiden RI Jokowi yang mentargetkan 17 Agustus 2021, diharapkan bangsa Indonesia Merdeka dan bebas dari Covid-19. Ia pun mengaku ini menjadi suatu kehormatan kepada TNI yang juga mendukung target Presiden RI, agar Covid-19 diberantas, dan wilayah RI masyarakatnya terbebas dari bencana wabah Covid-19. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Kaltim just now

Welcome to TIMES Kaltim

TIMES Kaltim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.